Jurnal Latihan Komunikasi Produktif hari kr 8
1. Poin komunikasi produktif yang ingin kulatih hari ini.
active listening (mendengarkan dengan aktif)
2. Partner ku berlatih hari ini adalah si kakak HY usia 8 tahun
3. kesimpulan dari hasil komunikasi ku hari ini.
a.apa yang sudah baik dari hasil komunikasi produktif ku hari ini.
Hari ini aku menemani si kakak pada sesi akademis nya. semua nya berjalan lancar mulai dari belajar bahasa inggris menggunakan reading eggs dan IXL art languange. walaupun sedikit ada drama saat mengerjakan IXL art languange karena sempat salah menjawab dalam mencocokkan rhyme yang membuat si kakak kesal. tapi itu cuma sebentar, dan lanjut ke belajar matematika menggunakan IXL math. nah yang menjadi kendala saat dia belajar mengaji menggunakan metode tagona. hari ini kami masuk topik membaca dengan tanda baca tasydid. disini si kakak mulai kesulitan dan jadi nya "mogok" ga mau melanjutkan pelajaran. awalnya aku ikutan kesal dan ngomel, tapi setelah beberapa saat menenangkan diri, aku pikir ga ada guna nya aku ikutan kesal. lalu aku coba ajak bicara si kakak. aku lakukan validasi emosi kepada si kakak dan mendengarkan keluhan nya. lalu aku berikan waktu break selama 10 menit. setelah itu si kakak pun bersedia melanjutkan pelajaran kembali.
b. apa yang ingin aku perbaiki besok.
yang masih perlu aku perbaiki, kadang impuls ku terlalu cepat menguasai dan membuatku "mudah marah". sikap ku yang masih ingin dimengerti daripada aku yang mengerti orang lain termasuk anak. padahal anak masih belum matang prefrontal corteks nya bagaimana aku berharap atau berekspektasi dia yang akan memahami ku. aku yang dewasa aja masih kesulitan mengendalikan impuls ku, bagaimana anak kecil segitu bisa lebih baik tanpa latihan? maka sebagaimana orangtua aku harus belajar komunikasi produktif, agar anak bisa mencontoh berkomunikasi dengan baik.
#tantanganzona2
#harike-8
#bundasayang8
#institutibuprofesional
#ibuprofesionaluntukindonesia
#bersinergijadiinspirasi
#ip4id2023
Komentar
Posting Komentar